Wireless Networking ? Yuk Kita Kenal Lebih Jauh

By | February 3, 2022
Wireless Networking ? Yuk Kita Kenal Lebih Jauh

Wireless Networking ? Yuk Kita Kenal Lebih Jauh – Planet ini menjadi semakin mobile selama beberapa tahun terakhir. Cara konvensional yang sudah pernah dilakukan manusia terbukti tidak cukup untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh gaya hidup kolektif manusia pada saat ini. Saat pengguna perlu terhubung dengan kabel fisik ke jaringan, pergerakan mereka tentunya akan berkurang drastis.

Namun, Ketika menggunakan Jaringan Nirkabel tidak menghadapi kendala seperti itu dan memungkinkan pengguna jaringan untuk bergerak lebih bebas. Akibatnya, teknologi Wireless menyerang jaringan “tetap” atau “berkabel” di ranah konvensional. Bagi seseorang yang bepergian setiap hari, langkah ini terlihat jelas.

Sebuah industri baru telah dikembangkan oleh Wireless Networking untuk telepon suara. Menambahkan akses seluler ke campuran telepon memiliki pengaruh besar pada pasar panggilan suara karena penelepon dapat terhubung ke individu, bukan komputer.

Telepon Wireless telah populer karena memungkinkan orang untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa mengenal tempat. Untuk akses Internet, teknologi modern yang ditujukan untuk jaringan komputer menjanjikan hal yang sama. Sejauh ini, 802.11 telah menjadi teknologi jaringan data Wireless paling populer.

Pengertian Wireless Networking.

Jaringan komputer mengacu pada perangkat, seperti komputer, faks atau bahkan printer yang terhubung atau terhubung satu sama lain untuk berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Itu menggunakan media transmisi seperti kabel dan kabel. Misalnya, di Jaringan Area Lokal (LAN), komputer saling berhubungan di area kecil seperti kantor melalui kabel komunikasi.

Alasan utama untuk menghubungkan beberapa perangkat di jaringan adalah untuk berbagi sumber daya. Misalnya, kantor memiliki satu printer bersama. Itu dapat dihubungkan ke semua komputer dalam kantor ini di jaringan untuk memungkinkan penggunaan masing-masing departemen.

Apa itu Wireless Networking?

Wireless Networking memungkinkan perangkat untuk tetap terhubung ke jaringan namun tetap berkeliaran tanpa kabel yang terlepas. Sinyal Wi-Fi diperkuat oleh titik akses, artinya komputer dapat berada jauh dari router tetapi masih terhubung ke jaringan. Hal ini berarti Anda terhubung ke Jaringan pada saat Anda terhubung ke hotspot Wi-Fi di kafe atau lokasi publik lainnya.

Satu-satunya perbedaan antara Wireless Networking dan kabel adalah bahwa jaringan kabel menggunakan kabel untuk menghubungkan perangkat ke Internet atau jaringan lain, seperti laptop atau komputer desktop.

Hal ini tentunya sangat Berbeda dengan Wireless Networking, jaringan kabel memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan utama adalah bahwa router terikat ke komputer Anda. Jaringan kabel paling populer menggunakan kabel yang terpasang ke port Ethernet pada router jaringan dan ujung lainnya ke komputer atau sistem lain.

Mengapa Wireless?

Teknologi tertentu sedikit lebih maju belakangan ini. Dan Wireless Networking memiliki beberapa manfaat yang signifikan, terlepas dari bagaimana protokol dibangun atau jenis informasi apa yang mereka bawa.

Mobilitas adalah nilai paling nyata dari Wireless Networking. Pengguna Wireless Networking dapat menautkan ke jaringan yang ada dan kemudian dapat bepergian dengan bebas. Dalam satu panggilan, pengguna ponsel akan melakukan perjalanan puluhan, ratusan bahkan ribuan kilometer jauhnya karena ponsel menghubungkan pengguna melalui menara seluler.

Telepon seluler pada awalnya mahal dan sangat membatasi penggunaannya untuk profesional yang sangat mobile seperti manajer penjualan dan pengambil keputusan eksekutif penting yang perlu dihubungi pada saat itu juga terlepas dari tempat mereka. Namun, telepon seluler telah terbukti menjadi layanan yang berguna dan sekarang semakin populer. Bahkan perkembangannya yang pesat menjadikan produsen telepon seluler berlomba-lomba untuk menciptakan dan memasarkan ponsel dengan harga yang terjangkau.

Cara kerja Wireless Networking

Wireless Local Area Network (WLAN) memiliki fungsi yang sama seperti jaringan kabel untuk menghubungkan sekelompok komputer. Karena “Wireless” tidak memerlukan kabel yang cukup mahal dan pemasangannya yang rumit. Keuntungan utamanya adalah Jaringan nirkabel cenderung lebih sederhana, lebih cepat, dan lebih murah untuk disiapkan.

Sebaliknya, membangun jaringan dengan kabel bisa jadi memerlukan biaya yang mahal dengan mengonfigurasi kabel di atas dinding dan langit-langit kantor. Tetapi Wireless Networking dapat menjadi cara yang hemat biaya untuk memperluas atau meningkatkannya, meskipun Anda sudah memiliki jaringan kabel.

Wireless Networking beroperasi menggunakan teknologi Frekuensi Radio (RF), frekuensi yang terkait dengan perambatan gelombang radio dalam spektrum elektromagnetik. Medan elektromagnetik dihasilkan ketika arus RF disuplai ke antena yang kemudian dapat menyebar melalui ruang angkasa.

Sistem yang dikenali sebagai titik akses (AP) adalah inti dari Wireless Networking. Peran utama titik akses adalah untuk menyiarkan sinyal Wireless yang dirasakan dan disetel oleh komputer. Karena Wireless Networking biasanya terhubung ke jaringan kabel, titik akses sering bertindak sebagai pintu gerbang ke sumber daya jaringan kabel, seperti koneksi Internet.

Komputer harus dilengkapi dengan adaptor Wireless Networking untuk terhubung ke titik akses dan bergabung dengan Wireless Networking. Ini sebagian besar dibangun langsung ke dalam perangkat, tetapi jika tidak, dengan menggunakan adaptor tambahan yang terpasang ke slot ekspansi kosong, port USB, atau, dalam kasus notebook, slot kartu PC, hampir semua komputer atau notebook dapat dibuat berkemampuan Wireless.

Jenis Wireless Networking

Sekarang kita tahu cara kerja Wireless Networking, mari kita fokuskan perhatian kita ke berbagai jenis Wireless.

Wireless Local Area Networks (WLAN)

WLAN mengacu pada jenis jaringan yang menghubungkan dua atau lebih komputer melalui metode distribusi Wireless. Mereka memiliki gelombang radio frekuensi tinggi dan AP (titik akses) ke internet.

Mereka menguntungkan untuk digunakan karena memungkinkan pengguna untuk bergerak di sekitar area cakupan, tidak terbatas pada satu lokasi. Mereka juga dikenal sebagai Wireless Networking Area Lokal (LAWN) .

Wireless Wide Area Networks (WWAN)

WWAN juga dikenal sebagai broadband Wireless , memanfaatkan menara seluler. Menara ini mengirimkan sinyal radio yang membentang ribuan mil, berbeda dengan WLAN yang membentang beberapa ratus kaki.

Jaringan terdiri dari tiga teknologi utama, Global System for Mobile communication (GSM) dan Code Division Multiple Access (CDMA), dan WiMAX yang lebih baru.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa Jaringan Area Luas tidak terhubung ke komputer pribadi Anda, melainkan ke beberapa jaringan Area Lokal.

Wireless Metropolitan Area Networks (WMAN)

MWAN memiliki ukuran jangkauan cakupan kira-kira sebesar kota. Ini lebih kecil dibandingkan dengan WWAN tetapi lebih besar dari WLAN.

WMAN biasanya dimiliki oleh badan badan besar seperti pemerintah, Penyedia Layanan Internet, atau kerjasama. MWAN membatasi akses ke pengguna yang berwenang atau perangkat pelanggan saja.

Standar Wireless Networking

Teknologi Wireless telah berkembang dalam waktu yang lama, begitu pula dengan teknologi yang terkait dengannya. Beberapa Teknologi Wireless yang paling umum, sering Anda temukan dan digunakan saat ini meliputi:

  • IEEE 802.11b-1999 (802.11b) – Teknologi ini menyediakan transmisi hingga 11Mbps dan kompatibel ke belakang.
  • IEEE 802.11g-2003(IEEE 802.11g) – Ini adalah teknologi populer yang menyediakan hingga 54Mbps dan mencakup jarak 150 kaki.
  • IEEE 802.11n-2009(IEEE 802.11n) – Teknologi ini bertujuan untuk meningkatkan throughput rentang frekuensi antara 2.4GHz dan 5GHz. Ini menggunakan beberapa antena, yang pada gilirannya meningkatkan kecepatan data.

Manfaat Wireless Networking

Tak disangkal Wireless Networking memang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Voice over Internet (VoIP) karena panggilan sekarang dapat dilakukan dengan mudah melalui protokol ini.

Hal ini tentunya juga memungkinkan mobilitas, keuntungan yang lebih signifikan bagi penggunanya karena server dapat diakses di mana saja selama akses Titik Akses ada.

Jaringan ini juga bisa dibilang relatif murah jika dibandingkan dengan jaringan kabel, yang membutuhkan banyak biaya saat membeli kabel dan mengkonfigurasi sistemnya. Selain itu, Jaringan yang digunakan juga bisa dibilang aman karena metode enkripsi data dan teknologi terkini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.