Virtual Database Network Untuk Start Up

By | January 29, 2022
virtual database network

Virtual Database Network – Ketika sebuah perusahaan dijual bertahun-tahun yang lalu, perusahaan yang mengakuisisi pastinya akan meminta untuk melihat dokumen keuangan dan sejarah perusahaan sebagai bagian dari proses uji tuntas (Due Diligence). Dokumen-dokumen ini akan disimpan di ruang aman yang terus dipantau.

Individu yang memegang penting untuk pengambilan keputusan akan segera mengunjungi ruangan untuk meninjau dokumentasi yang ada. Dan saat ini ini, ruang-ruang khusus ini telah pindah ke ranah digital dan sekarang disebut ruang data investor.

Ruang data virtual dapat menjadi komponen penting dari upaya penggalangan dana startup Anda dan menyediakan semua informasi yang dibutuhkan pendukung untuk memutuskan apakah akan berinvestasi atau tidak.

Apa itu uji tuntas (Due Diligence)?

Uji tuntas adalah proses di mana investor melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap perusahaan tahap awal untuk memutuskan apakah itu peluang investasi yang baik. Jika informasi ini tidak tersedia, proses uji tuntas kemungkinan akan memakan waktu lebih lama.

Berinvestasi di perusahaan tahap awal memang berisiko, dan investor tidak ingin ada kejutan yang tidak menyenangkan setelah memutuskan untuk berinvestasi di startup. Itu sebabnya mereka melakukan due diligence terlebih dahulu.

Memiliki gambaran berdasarkan data tentang aset dan sudah merupaka kewajiban Anda dapat membantu mereka mengurangi risikonya.

Mengapa sebuah startup membutuhkan ruang data investor?

Membantu dengan uji tuntas

Ruang data virtual berisi semua dokumentasi yang menunjukkan kekuatan dan kinerja startup. Jika dilakukan dengan benar, Ruang data ini menyajikan gambaran yang akurat dan menarik tentang perusahaan. Hal ini tentunya akan membantu investor menyelesaikan uji tuntas mereka.

Ada banyak bagian yang bergerak dalam proses uji tuntas. Jadi, semakin baik dan lebih terorganisir ruang data virtual, semakin cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam prosesnya.

Tetap teratur juga berarti Startup tidak akan kehilangan dokumen penting seperti kontrak pelanggan yang penting .

Mempercepat proses penggalangan Modal

Ruang data investor juga dapat membantu mempercepat proses penggalangan dana. Saat pengembang mencoba meningkatkan modal ventura untuk startup, investor akan ingin melihat semua dokumentasi historis yang akan membantu mereka membuat keputusan investasi yang tepat.

Namun, tidak semua orang setuju dengan hal ini. Beberapa investor mengatakan bahwa ruang data memperlambat proses investasi dan menghabiskan banyak waktu bagi para pendiri yang dapat lebih baik dihabiskan untuk mengembangkan startup mereka.

Mempermudah pekerjaan investor

Dalam beberapa tahun terakhir, pendanaan modal ventura telah berjalan dengan kecepatan tinggi, yang tidak memberikan banyak waktu bagi investor untuk menyelidiki kesepakatan. Anda dapat mempermudah pekerjaan mereka dengan ruang data investor.

Jika Anda mempertimbangkan putaran modal , pikirkan juga tentang menyiapkan ruang data bahkan sebelum memulai mengumpulkan uang. Hal tersebut dikarenakan memiliki ruang data yang siap digunakan bahkan sebelum melakukan satu diskusi penggalangan dana dapat menyelamatkan Anda dari sakit kepala yang tak terhitung jumlahnya untuk Anda dan pendukung Anda.

Startup tidak memiliki sejarah seperti rekan-rekan mereka yang dewasa. Ini berarti investor dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk meneliti perusahaan tahap awal.

Ruang data memiliki semua informasi yang mereka butuhkan yang diatur dalam satu lokasi, sehingga memudahkan untuk mengakses informasi penting.

Membuat Anda tetap teratur dan fokus

Tindakan menyusun ruang data menempatkan Anda ke dalam pola pikir penggalangan dana karena memaksa Anda untuk melihat sesuatu melalui mata investor.

Proses ini akan membantu Anda mendokumentasikan bagian dari bisnis Anda yang sebelumnya hanya ada di kepala Anda, seperti pengembangan produk dan rencana akuisisi pelanggan.

Kapan saya harus menyatukan ruang data?

Tidak pernah terlalu dini untuk menyatukan ruang data. Pendiri yang berpikiran maju sudah akan merencanakan sejak hari pertama startup mereka beroperasi.

Bahkan pada tahap awal uang benih, ruang data yang sangat terorganisir dapat sangat mengesankan calon investor.

Cara menyiapkan Virtual Database Network

Ruang data hanyalah perpanjangan dari struktur file Anda yang ada. Itu sebabnya jika Anda sudah terorganisir, pengaturannya harus relatif cepat dan mudah. Saat menyiapkan ruang data, dua layanan hosting file terbaik adalah Google Drive dan Dropbox .

Buat struktur folder yang bersih dan mudah dinavigasi. Karena waktu investor sangat berharga, Anda mungkin ingin memastikan sistem Anda sesederhana dan seintuitif mungkin.

Hanya izinkan hak hanya-baca sehingga pihak ketiga tidak mengunduh atau mengedit data sensitif Anda. Anda mungkin ingin membuat akses ruang data terpisah untuk setiap investor sehingga Anda dapat memberikan informasi yang ditargetkan untuk masing-masing investor–ini dapat membantu menjadikan proses lebih pribadi .

Tetapkan jadwal pembaruan konten dan patuhi itu. Dengan begitu, Anda akan siap ketika peluang investasi muncul, dan Anda tidak perlu terburu-buru di menit terakhir.

Mengapa Anda mungkin membutuhkan dua ruang data

Mungkin ide yang bagus untuk menyiapkan dua ruang data investor yang berbeda. Dengan begitu, Anda dapat mengelompokkan aksesibilitas dokumen berdasarkan kebutuhan.

Anda dapat mengizinkan akses ke ruang pertama bagi investor yang telah menyatakan minatnya untuk mendanai startup Anda tetapi belum membuat komitmen yang kuat.

Ruangan ini biasanya akan berisi hal-hal seperti dokumen strategi, pitch deck , dan rencana produk. Ruang kedua akan memiliki informasi yang lebih sensitif seperti perjanjian hukum dan dokumen SDM untuk investor yang lebih serius.

Untuk mempermudah menemukan dokumen tertentu, buat indeks untuk menunjukkan kepada pembaca file apa yang ada di setiap ruang data. Ini bisa menjadi penghemat waktu besar yang akan membuat Anda lebih terorganisir.

Apa yang harus disertakan dalam Virtual Database Network

Mungkin sulit untuk mengetahui dokumen apa yang harus disertakan dalam ruang data Anda. Jika Anda memasukkan terlalu sedikit, investor tidak akan memiliki informasi yang mereka butuhkan.

Jika Anda memasukkan terlalu banyak, Anda dapat mengambil risiko membanjiri mereka dengan data dan membuang waktu mereka saat mereka mencoba mengarungi semuanya.

Inilah yang mungkin ingin Anda sertakan:

  • Dokumen Perusahaan
  • Anggaran Dasar yang diubah dan disajikan kembali
  • Perjanjian pemungutan suara
  • Perjanjian hak investor
  • Perjanjian kemitraan
  • Penolakan pertama dan perjanjian penjualan bersama
  • Kontrak pelanggan
  • Materi dewan direksi
  • Notulen rapat dewan
  • Persetujuan dan tindakan dewan
  • Kesepakatan pemegang saham
  • Riset pasar
  • Analisis kompetitif
  • Proses penjualan
  • bahan pemasaran
  • Rencana bisnis satu halaman
  • dek lapangan
  • Pedoman merek
  • Sewa kantor
  • Sengketa hukum (dulu dan sekarang)
  • Pembaruan investor
  • Keuangan
  • Laporan untung dan rugi
  • Pernyataan pro-forma untuk tahun depan
  • Proyeksi finansial
  • Daftar aset
  • Akun manajemen
  • Akun yang diaudit
  • Tabel kapitalisasi
  • Detail kenaikan gaji sebelumnya
  • Hak milik intelektual
  • Diberikan dan diajukan paten
  • Merek Dagang
  • strategi IP
  • Detail lisensi perangkat lunak
  • Daftar perangkat lunak sumber terbuka yang digunakan
  • Kepemilikan nama domain
  • Karyawan
  • Semua kontrak karyawan dulu dan sekarang (dengan jabatan dan gaji)
  • Semua kontrak magang dulu dan sekarang
  • Semua kontrak konsultan dulu dan sekarang
  • Daftar karyawan saat ini, jabatan, dan gaji
  • Teknologi
  • Diagram arsitektur sistem
  • dokumentasi API
  • Detail tentang integrasi besar apa pun
  • Ekspor backlog produk dan peta rilis
  • Tangkapan layar produk yang ada

Menyertakan pembaruan investor sebelumnya di ruang data Anda menunjukkan kepada para pendukung bahwa Anda bersedia berbagi hal-hal buruk dan baik.

Ini adalah cara terbaik untuk memberi tahu mereka bahwa Anda menganggap serius komunikasi dan transparansi investor, meningkatkan kepercayaan Anda dalam prosesnya.

Di bagian “karyawan”, bagikan visi tim yang Anda bangun. Hal ini memungkinkan investor untuk mempekerjakan anggota tim yang Anda butuhkan dari jaringan mereka sendiri.

Untuk memberikan wawasan kepada pendukung tentang budaya tempat kerja dan proses perekrutan Anda, sertakan hal-hal seperti dokumen orientasi.

Apa yang tidak boleh Anda sertakan?

Meskipun informasi tertentu harus dibagikan dengan investor, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda bagikan. Selalu teliti individu yang Anda berikan akses ruang data.

Katakanlah Anda mengetahui bahwa mereka telah memberikan sejumlah besar uang tunai kepada pesaing atau terlibat dalam urusan organisasi pesaing. Dalam hal ini, Anda mungkin tidak ingin mereka melihat informasi sensitif perusahaan.

Tidak semua dokumen perlu disertakan dalam Virtual Database Network untuk investor Anda. Dokumen yang tidak relevan dapat membingungkan investor ketika apa yang ingin Anda lakukan adalah memberi mereka kejelasan.

Beberapa dokumen dapat disimpan untuk tahap kesepakatan berikutnya setelah investor berkomitmen untuk bergerak maju .

Semakin banyak dokumen yang disertakan dalam ruang data Anda, semakin tinggi risiko penyalahgunaan atau kompromi informasi.

Konfigurasikan tampilan yang berbeda dan hak akses untuk pihak yang melihat dokumen Anda karena tidak semua orang perlu melihat semuanya. Ini akan membantu menjaga catatan Anda tetap aman.

4 thoughts on “Virtual Database Network Untuk Start Up

  1. Pingback: Pengertian Startup Segala yang harus Anda Tahu - Julid

  2. Pingback: Aplikasi SimpleSwap Crypto Jual Beli Dengan Aman - Julid

  3. Pingback: Wireless Networking ? Yuk Kita Kenal Lebih Jauh - Julid

Leave a Reply

Your email address will not be published.