Pengertian Modal Ventura (VC) Dalam Bisnis

By | January 31, 2022
Pengertian Modal Ventura (VC) Dalam Bisnis

Pengertian Modal Ventura (VC) Dalam Bisnis – Modal Ventura atau Venture Capital (VC) adalah alat pembiayaan bagi perusahaan dan sarana investasi bagi individu kaya dan investor institusi. Lantas apa bedanya dengan ekuitas swasta?

Perbedaan utama antara ekuitas swasta dan modal ventura terletak pada usia perusahaan. Ekuitas swasta biasanya akan berinvestasi di perusahaan yang matang, yang telah beroperasi selama bertahun-tahun, jika bukan beberapa dekade

Pengertian Modal Ventura

Investor yang memiliki banyak modal biasanya cenderung menginvestasikan modal mereka di startup dengan perspektif pertumbuhan jangka panjang. Modal ini disebut modal ventura dan investornya sendiri disebut pemodal ventura, dengan kata lain,

Dalam hal ini, Modal Ventura adalah cara bagi perusahaan untuk menerima modal dalam jangka pendek dan bagi investor untuk menumbuhkan kekayaan dengan menginvestasikan modalnya dalam jangka panjang.

Modal Ventura cenderung berfokus pada perusahaan baru dan investasi semacam itu berisiko karena tidak likuid, tetapi juga berpotensi memberikan pengembalian yang menggiurkan jika diinvestasikan dalam usaha yang tepat.

Perusahaan modal ventura dapat membiayai perusahaan dengan penyertaan modal dan keuntungan modal, berpartisipasi dalam surat utang dan juga memberikan pinjaman bersyarat kepada perusahaan.

Proses pendanaan untuk VC

Perusahaan Modal Ventura mengumpulkan uang dari bank, perusahaan, dana. Perusahaan atau investor, jika tertarik dengan proposal perusahaan yang telah mengajukan penawaran bisnis, kemudian melakukan uji tuntas, yang antara lain meliputi penyelidikan menyeluruh terhadap model bisnis, produk, manajemen, dan riwayat operasi perusahaan melalui data yang dipelajari.

VC memiliki kekuatan untuk memengaruhi pengambilan keputusan di perusahaan, memantau kemajuannya sebelum mengeluarkan dana tambahan, dan memandu bisnis menuju pertumbuhan yang menguntungkan. Investor kemudian keluar dari perusahaan setelah jangka waktu 4-6 tahun setelah investasi awal melalui merger, akuisisi atau penawaran umum perdana atau IPO.

Keuntungan dari Modal Ventura

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari Modal Ventura. Diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Mereka membawa kekayaan dan keahlian ke startup karena bankir cenderung skeptis untuk meminjamkan uang pada tahap awal karena kurangnya aset yang dapat dilindung nilai sebagai jaminan. Dalam hal Ini juga membantu VC untuk mengendalikan perusahaan dan memiliki suara dalam pertumbuhan perusahaan.
  2. Pembiayaan ekuitas dalam jumlah besar dapat diberikan karena perusahaan rintisan tidak memiliki kewajiban untuk membayar kembali uang yang membantu mempercepat pertumbuhan mereka.
  3. Perusahaan VC lebih siap untuk mengevaluasi startup tahap awal, menggunakan metode yang melampaui laporan keuangan seperti produk, perkiraan ukuran pasar, dan tim pendiri startup. Selanjutnya, ekuitas tidak dibatasi sehingga tidak ada batas atas berapa banyak yang dapat diperoleh investor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.