Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menghitung Usia di Excel

Cara Menghitung Usia di Excel - Hallo sahabat Netijen Julid, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menghitung Usia di Excel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cara menghitung usia, Artikel cara menghitung usia kandungan, Artikel cara menghitung usia kehamilan, Artikel cara menghitung usia kehamilan dalam bulan, Artikel cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dan bulan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menghitung Usia di Excel
link : Cara Menghitung Usia di Excel

Baca juga


Cara Menghitung Usia di Excel

Biasanya waktu seseorang ditanya soal usia, ada beberapa orang yang bisa eksklusif menjawab dikarenakan setiap tahun merayakan hari kelahirannya. Beberapa orang harus menghitung terlebih dahulu dengan cara mengurangi tahun sekarang dengan tahun kelahirannya. Namun hal ini hanya dapat dilakukan buat mengetahui usia satu orang saja. Lain halnya apabila ingin mengetahui usia sebuah data yang berisi poly orang dengan tahun kelahiran yang tidak selaras. Salah satu yg paling mudah untuk menghitung usia berdasarkan data yaitu menggunakan memakai Excel.
Cara menghitung usia di excel tidak sanggup dengan mengurangi tahun kini dengan tahun kelahiran. Hal ini dikarenakan format tanggal dalam excel menggunakan nomor seri, contohnya nomor seri 1 akan menghasilkan format lepas 1 Januari 1900. Dengan memanfaatkan built-in function yang masih ada pada Excel akan sangat membantu menemukan usia berdasarkan sebuah data.

Cara Menghitung Usia pada Excel
Cara Menghitung Usia di Excel

Ada tiga cara menghitung usia pada excel, yaitu menggunakan rumus matematika, fungsi Yearfrac, dan, dan fungsi Datedif.

1. Cara menghitung usia pada excel menggunakan rumus matematika
Cara ini cukup sederhana, yaitu dengan mengurangi lepas sekarang dengan tanggal lahir kemudian hasilnya dibagi dengan nomor 365. Hal ini dikarenakan dalam satu tahun ada 365 hari.
Cara menghitung usia di excel menggunakan rumus matematika

Seperti dalam gambar, hasilnya berupa nomor desimal. Untuk hasil menggunakan angka bundar , bisa ditambahkan fungsi INT.

Untuk output usia diikuti teks “Tahun” bisa dibubuhi dengan cara menggunakan operator “&”.

Cara ini masih terbilang kurang efektif lantaran terkendala jika perhitungan dilakukan dalam tahun kabisat. Hal ini disebabkan dalam tahun kabisat pada satu tahun terdapat 366 hari.
Baca Juga : Rumus Membagi di Excel
2. Cara menghitung usia pada excel menggunakan fungsi Yearfrac
Menghitung suia menggunakan menggunakan fungsi Yearfrac akan membuat nomor desimal yang berupa periode tahun menurut output selisih dua lepas. Penggunaan sapta 1 pada fungsi Yerfrac merupakan perhitungan tahun menurut jumlah aktual berdasarkan bulan yg terdapat diantara ke 2 lepas yang dicantumkan.


Penggunaan fungsi Yearfrac jua membentuk angka desimal. Tetapi buat fungsi Yearfrac nir memakai fungsi INT misalnya pada saat mengguanakan rumus matematika supaya hasilnya sapta bundar , melainkan memakai fungsi ROUNDOWN.

Baca Juga : Cara Menghitung Persen pada Excel
tiga. Cara menghitung usia pada excel dengan fungsi Datedif
Kedua rumus excel yang telah dijelaskan diatas hanya membuat usia dalam satuan tahun saja. Buat membuat usia dnegan satuan bulan dan hari dapat memakai fungsi Datedif. Dengan menggunakan fungsi Datedif bisa diketahui jumlah hari, bulan juga tahun diantara 2 tanggal yg sudah dipengaruhi. Di excel, penggunan fungsi Datedif harus ditulis secara manual karena pada dasarnya fungsi ini memang nir ada pada Excel, melainkan ada dalam Lotus 1-2-tiga. Terdapat 3 argumen waktu memakai fungsi Datedif, yaitu :
1. Tanggal Awal, yaitu tanggal dimulainya suatu periode. Dalam tabel excel dapat diisi dengan data lepas lahir.
2. Tanggal Akhir, yaitu tanggal berakhirnya suatu periode. Dalam tabel excel dapat diisi menggunakan data lepas saat ini.
tiga. Satuan, yaitu berita yang ingin diketahui. Kode satuan yg bisa digunakan diantaranya :
  1. “Y” merupakan total tahun yang sudah dilewati dalam satu periode.
  2. “M” adalah total bulan yang sudah dilalui dalam satu periode.
  3. "D” merupakan total hari dalam satu periode.
  4. “MD” merupakan selisih hari Tanggal Awal dan Tanggal Akhir.
  5. “YM” merupakan selisih bulan Tanggal Awal & Tanggal Akhir.
  6. “YD” adalah selisih tahun Tanggal Awal & Tanggal Akhir.

Cara menghitung usia di excel dengan fungsi Datedif

Itu tadi beberapa cara yg bisa anda lakukan buat menghitung usia pada excel, semoga sanggup dimengerti dan berguna ya.

Cara Menghitung Umur atau Usia Dengan Excel Dengan Mudah

Cara Mudah Menghitung Usia di Microsoft Excel

4 Cara Rumus Menghitung Umur di Excel dengan DATEDIF, YEARFRAC dan Fungsi 360



Demikianlah Artikel Cara Menghitung Usia di Excel

Sekianlah artikel Cara Menghitung Usia di Excel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menghitung Usia di Excel dengan alamat link https://www.julid.my.id/2019/11/cara-menghitung-usia-di-excel.html

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Usia di Excel"